Sharing UN CBT Pertama Kali

Yha... apa kabar teman-teman semua? Semoga baik-baik aja ya. Gue kali ini mau sedikit sharing pengalaman UN gue tahun ini. Tahun ini adalah tahun yang "sesuatu" buat gue, karena banyak banget hal yang bikin deg-degan tahun ini. Mulai dari UN, SNMPTN undangan, SBMPTN, UMPTN, dll semacam itu lah ya yang bikin kepala pusing. Dan yang paling penting lagi, gue akhirnya tersadar banget kalau semua itu adalah titik awal dari kehidupan gue yang bakal gue jalani sebenarnya (apasih, wkwk). Oke langsung saja ke point yang harusnya gue ceritakan kepada kalian.

Apa yang berbeda dari UN tahun ini? Setelah merasakan UN 3 kali, UN tahun ini cukup berbeda dengan UN sebelumnya. Kenapa? Karena tahun ini gue -sekolah gue sih sebenarnya, berkesempatan merasakan UN CBT. Apa itu CBT? Jadi, CBT itu singkatan dari Computer Based Test. Ya, jadi tes yang kita lakukan itu pakai komputer. Ya jadi UN nya pakai komputer gitu, gak pakai kertas lagi. Mungkin dari kalian ada yang nganggep ini keren, atau ada yang langsung bilang "apasih, gak jelas banget". Tapi kalau dari gue sendiri sih, gue gak terlalu mempermasalahkan apakah itu UN CBT/PBT (Paper Based Test), yang penting persiapan pelaksanaannya itu maksimal, jadi gak ada tuh yang namanya kesalahan teknik yang malah bikin murid-muridnya panik dan akhirnya gak konsentrasi ngerjain soal.

Nah, Puji Tuhan gue sudah menyelesaikan UN CBT kemarin. Dan akhirnya yang mau gue sharing disini berdasarkan hal yang gue rasakan tentunya tentang UN CBT itu adalah:

1. Kayak Warnet
Hal pertama yang gue rasain setelah pertama kali mulai UN CBT adalah ini bukan UN, tapi lagi main game online di warnet, cuma gak bersuara, wkwk. Gimana enggak, semua orang sibuk ngeklik sana sini. Jadi seruangan itu cuma kendegeran suara kliknya mouse sama keyboard pas pertama kali buat log in dan masukin token. Suasananya tuh bener-bener kayak warnet, semua orang fokus ngeliatin layar monitor sambil gerak-gerakin mouse. Hayo mulai ngebayangin yah? hahaha...

 2. Kayak Bukan UN
Serius selama 6 hari mengikuti UN CBT, gue gak ngerasa ini kayak UN beneran. Beda banget ketika UN SMP yang gue masih inget banget disitu deg-degan trus tegang juga. Bukan berarti UN CBT kemarin gue gak deg-degan juga sih, rasa deg-degan atau takut dan tegang pasti ada, tapi gak tau kenapa gue gak dapet feel UN nya.
Gimana gak kayak gitu, gue aja kebagian kloter 3 (kloter terakhir) dimana mulainya itu jam 2 siang. Kalian tahu lah, jam-jam segitu kan jam-jamnya ngantuk, males, dll ditambah lagi suasana warnet di ruangan ujian, wkwk. Jadi gimana mau dapet feel UN kalau mulainya aja jam segitu :" ya gue gak tau sih yang kloter satu gimana, mungkin UN lebih berasa bagi mereka.

3. Tiba-Tiba Tegang, Tiba-Tiba Enggak
Perbedaan UN PBT sama CBT yang lain selain media untuk tes nya adalah pengawasnya. Gue gak tahu apakah ini hanyak disekolah gue atau disekolah lain juga gini, tapi pengawasnya itu guru-guru dari sekolah gue sendiri. Eh, tapi bukan berarti mengurangi kejujuran kita ngerjain soalnya yha. Kejujuran tetap dijunjung tinggi, hehe^^. Jelas karena pengawasnya juga adalah guru-guru yang sudah kita kenal, sudah setiap hari ketemu, pasti rasa tegang siswa yang UN CBT dibanding PBT lebih kecil.
Trus maksudnya apa sih tiba-tiba tegang tiba-tiba enggak? wkwk... yah, seperti yang gue ceritain tadi, sebenernya suasana di kelas itu gak terlalu tegang-tegang banget lah, tapi semua itu berubah jadi sangat-sangat tegang dan mengerikan saat ada salah satu temen kalian yang tiba-tiba ada masalah teknis. Disitu bukan cuma doi yang panik, tapi semua orang juga ikut panik. Jadi, ini gue ceritain cerita gue pas UN hari pertama kalau gak salah, hari itu pelajaran Bahasa Indonesia.
Awalnya kita masuk ke dalam kelas dengan tertib, trus duduk di bangku masing-masing dimana di meja sudah tersedia seperangkat komputer untuk mengerjakan soal UN (ada juga yang pakai laptop). Pertama kali, kita disuruh meng-input username dan password yang sudah diberikan pengawas. Tahap itu aman, semua siswa bisa masuk dengan selamat, wkwk. Kedua, habis input username dan password, kita diminta meng-input token. Nah, apa itu token? Gue juga gak tahu pasti sih, cuma token itu kayak kode yang diperluin buat masuk ke soal, token itu sama untuk seluruh siswa yang ada di ruangan itu dan cuma berlaku 15 menit sekali, jadi setelah 15 menit tokennya bakal ganti lagi, nah walaupun kita sudah log in tapi belum meng-input token, kita belum bisa mengerjakan soal.
Pengawas bakal ngasih token ketika waktu tes sudah mau dimulai, jadi semua siswa mulai mengerjakan soalnya berbarengan. Ketika sudah mau jam 2 pas, akhirnya pengawas nulis kode tokennya di papan tulis sambil dieja juga biar gak salah. Trus semua siswa diruangan gue, termasuk gue mulai masukin tokennya hati-hati. Habis gue input trus gue klik "submit" di bawahnya. Puji Tuhan, ternyata berhasil masuk dengan selamat. Trus satu per satu siswa yang lain juga mulai mengikuti keberhasilan gue, wkwk. Tiba-tiba, salah satu temen gue namanya Sandra (hai, San!), dia duduk dibelakang gue. Tiba-tiba dia bilang ke pengawas, "Pak, kok punya saya gak bisa?" kalau gak salah dia ngomongnya gitu, yah yang penting intinya gitu lah. Hahaha. Sontak semua mata tertuju ke dia. Pengawas mulai datang ke mejanya sambil meneliti kenapa tokennya gak bisa masuk. Tiba-tiba semua kelihatan tegang, termasuk gue, trus ada yang bilang, "typo kali,". Trus si Sandra ngetik ulang tokennya, tapi gak bisa juga. Semua orang makin deg-degan, akhirnya pengawas nyebutin tokennya lagi, dan ternyata si Sandra salah ngeliat satu huruf yang penulisannya mirip huruf lain. Akhirnya dia coba masukin tokennya lagi, dan finally bisa masuk juga. Semua orang langsung ngembusin napas lega, trus akhirnya pada ketawa, hahaha ternyata cuma typo, baru kali ini typo bikin deg-degan setengah mati. Sandra sukses bikin hari pertama jadi tiba-tiba tegang, tiba-tiba enggak. ;D

4. Suka Keluar Sendiri
Gue ngerasain ini sih pas mata pelajaran Bahasa Inggris. Jadi, Bahasa Inggris kan ada listening dan reading. Nah, pas listening itu tiba-tiba pas di nomor 10, soal gue ke-logout sendiri begitu aja. Padahal audio listeningnya itu tetap jalan, trus tiba-tiba soal gue menghilang. Disitu gue mulai merasa panik. Tapi untungnya masalah itu bisa langsung diatasi dengan cepat oleh pengawas. Gue disuruh masukin token baru, dan akhirnya soal gue kembali dengan selamat. Tapi gue kehilangan satu kali kesempatan dengerin audio listeningnya. Jadi gue baru dengerin audionya pas pengulangan yang kedua kali. Huft, cukup bikin panik dan ganggu konsentrasi sih :"

5. Lebih Baik Tapi Masih Harus Diperbaiki
Kesimpulan gue, UN CBT menurut gue, yah bagus lah ya... karena keuntungannya tuh banyak. Pertama, hemat kertas. Kita tahu kertas dari pohon. Dengan adanya penggantian kertas ke komputer, pemakaian kertas bisa berkurang dan penebangan pohon juga berkurang, jadi cukup baik di era seperti ini dimana pohon sudah semakin sedikit. Kedua, hemat waktu. Karena pakai komputer, jadi kita gak perlu lagi ngebulet-buletin LJK pakai pensil, nah karena pensil juga gak dibutuhkan, berarti bisa mengurasi produksi pensil dan pohon juga lebih terselamatkan. Tapi yang paling penting kita jadi lebih hemat waktu, jadi waktu yang harusnya di pakai buat ngebuletin di LJK, bisa di maksimalin buat ngerjain soal, dan itu ngaruh banget ketika ngerjain Matematika, dimana waktu selalu aja kurang kalau ngerjain soal mtk. Ketiga, keuntungan lainnya adalah dengan UN CBT, gak akan ada lagi kekhawatiran LJK ada yang tidak terbaca scanner, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan itu. Tapi disamping kelebihan-kelebihan itu, menurut gue persiapan untuk pelaksanaan UN CBT ini juga tidak mudah, harus benar-benar matang sehingga masalah-masalah teknis saat hari H berlangsung bisa di minimalisir. Ketika masalah teknis sedikit, maka siswa akan lebih konsentrasi mengerjakan soal. Dan, mungkin untuk mengadakan UN CBT ini di semua sekolah bukan hal yang mudah, karena biaya yang diperlukan juga besar, dan butuh pelatihan khusus untuk guru-guru yang akan mengawas. Jadi belum semua sekolah mampu menerapkan sistem ini.
Oke, jadi buat temen-temen yang merasakan UN CBT sama seperti gue, tetap semangat! Yang lalu biarlah berlalu. Kalau dari kalian masih ada yang mengeluh tentang kejelekan atau ketidaksempurnaan pelaksanaan UN CBT kemarin, mulai sekarang coba renungi seberapa keras usaha pemerintah dan guru-guru untuk mempersiapkannya. Dan coba kalian sadari dengan ikutnya kalian di UN CBT ini kalian sebenarnya sudah selangkah lebih maju dari yang lain. Jadi tetep positive thinking ya! ^^