3 Kali Ikut SBMPTN, APA RASANYA?

Halo.. It's been really a long time since my last post. Literally cukup lama sih emang. Terakhir gue ngepost itu pas tahun 2015, bisa lu liat sendiri di list entry gue. Hahaha, udah 2 tahun aja ye semenjak 2015. 2015 itu tahun gue lulus SMA, dan sekarang udah 2017, berarti udah lumayan lama juga ya gue lulus dari SMA. Trus, selama 2 tahun ini gue ngapain aja sih? Kuliah? HMM atau ngapain? Mungkin banyak yang gatau soalnya banyak yang nanya ke gue wkwkwk. Yaudah jadi gue sharing-sharing aja sekalian ya disini.

Jadi intinya kali ini gue mau sharing-sharing tentang SBMPTN gitu. Ya, kali aja dari tulisan gue ini ada yang terinspirasi dan dapet harapan-harapan kecil buat bangkit dan semangat dapetin hal yang mungkin lu mau. Sesuai sama judul yang gue bikin diatas, iya gue ikut SBMPTN 3 KALI WEY. hahaha, bayangin enek gak tuh! Enek banget lah pastinya, ampe mau muntah gue rasanya hahaha, tapi ya... mau digimanain lagi. Sebenernya alasan kenapa gue ikut sbmptn 3 kali itu simpel sih, karena gue belum dapetin sesuatu yang gue mau, dan gue itu tipe orang yang keras kepala, jadi ya kalo gue pengen sesuatu, ya gak mau tau caranya gimana gue harus dapetin itu. yoi wkwk.

Langsung aja dah. Jadi gue bakalan cerita gimana gue ngejalanin 3 kali sbmptn itu dan sekalian mungkin gue kasih sedikit tips gitu palingan buat kalian yang kondisinya sama kayak gue.

Jadi, tahun pertama gue sbmptn (2015) itu pas banget abis UN SMA kan. Nah, disitu gue sebenernya udah cukup kepikiran gitu mau pilih jurusan apa. Intinya gue pengen jurusan yang teknik-teknik gitu deh, karena ilmunya aplikatif dan gatau deh kayak pengen aja jadi anak teknik (haha jangan ditiru). Tapi masalahnya gue agak gak tau diri sih. Gue itu gak jago ngitung! Artinya matematika gue bego banget. Trus gue juga gak pinter fisika dan kimia juga nggak jago-jago banget. Nah, di kondisi yang kayak gitu gue tetep keras kepala pengen jadi anak teknik woy. Kurang gatau diri gimana tuh? Hahaha. Trus gue nyari-nyari tuh jurusan teknik tuh ada apaan aja.. eh akhirnya gue nemu tuh ada jurusan teknik yang namanya Teknik Metalurgi dan Material. Asing banget sih namanya dulu di kuping gue. Trus akhirnya gue cari tau tuh Teknik Metalurgi dan Material itu belajarnya apaan aja, dan ternyata sepertinya mostly isinya kimia daripada fisika. Yaudah langsung tertarik deh gue dan mulai mantepin diri gue buat dapetin jurusan itu.

Nah, tapi sayangnya jurusan itu tuh cukup langka dan jarang di Indonesia. Kampus yang punya Teknik Metalurgi dan Material tuh cuma berapa gitu, yang gue tau ada ITB, UI, ITS, sama apa lagi gitu gue lupa.Ya, agak sedih juga sih karena dikit gitu, trus yang di itb juga metalurgi sama materialnya di pisah gitu, jadi gak di dalam satu fakultas yang sama. Tapi gue tetep pengen dan ngerasa gue harus ngeberantas kebodohan gue ini supaya bisa dapet jurusan ini.
Jadi di tahun pertama itu akhirnya pilihan jurusan gue itu:
1. FTTM-ITB (berharap bisa masuk metalurginya di tahun kedua)
2. Teknik Geologi-UNPAD (Gue lupa kenapa gue milih ini dulu, mungkin karena gue dulu tuh suka sama pelajaran kimia unsur pas sma, trus gue ngerasa kalo geologi itu bakalan ada kimia unsur juga wkwkw)
3. Farmasi-UNPAD (Gara-gara ada kimianya juga mungkin)

Dari pilihan gue itu, mungkin lo bertanya-tanya kenapa di pilihan gue gak ada UI wkwkw padahal gue anak depok lol. Simpel sih, jujur gue gak terlalu kepengen jadi anak ui, gue sebenernya pengen kuliah ngerantau gitu (ngerantaunya ke bandung kalo bisa wkwkw) bukan di depok lagi :( jadi gue gak milih ui deh disitu.

Yaudah, hari ujiannya tiba, gue jujur pas hari H masih ngerasa bego bangett, mungkin dari 100 persen kesiapan gue cuma 50 persen. Iya serius. Ya, akhirnya dengan otak yang bego gitu gue gak lolos deh sbmptnnya. Sedih banget pastinya, rasanya kayak dunia tuh jahat banget sampe menolak gue di jurusan yang gue mau. Rasanya pengen ngurung diri aja di kamar, gak kemana-kemana apalagi ketemu temen-temen yang lolos sbmptn :(

Wwkwk, abis itu gue ikutan simak, itu gue inget banget h+5 banget abis sbmptn, dan gue gak belajar samsek buat simak. Seriusan gak belajar samsek buat simak loh semenjak dari lama juga gue gak belajar buat simak wkwkwk. Kalo di simak gue pilihnya 3 pilihan (karena mahal wey kalo pilihannya banyak):
1. Teknik Metalurgi & Material Reguler
2. Teknik Elektro Reguler
3. Ilmu Keperawatan Reguler
Mungkin lu pada kaget kenapa tiba-tiba dipilihan ketiga gue pilih jurusan yang bener-bener beda banget sama ilmu keteknikkan bahkan jauh dari itung-itungan. Jadi intinya gue milih Ilmu keperawatan (FIK) itu gara-gara mungkin waktu itu gue udah ngerasa terlalu hopeless (undangan & sbmptn gue gak yakin lolos, dan ternyata emang beneran gak lolos dua-duanya) sama hidup gue dan gue liat fik tuh peluang lolosnya cukup gede. Akhirnya gue pilih itu jurusan without knowing what am i gonna be if i choose that. Seriusan loh gue saat milih FIK itu  beneran gatau kalo nantinya lulusan fik tuh bakalan jadi perawat! Kurang bego apa tuh gue. Dan BOOM! Ternyata pas pengumuman simak gue keterima di Ilmu Keperawatan UI. Disitu ngerasa seneng banget pastinya karena gue lolos SIMAK dan setelah berkali-kali menerima penolakan gue diterima juga, at least.

Yaudah deh, akhirnya gue daftar ulang di FIK dan menyandang gelar sebagai mahasiswa baru UI di jurusan Ilmu Keperawatan. Sebenernya gue lolos juga sih di beberapa seleksi lain yang gue ikutin tapi entah kenapa gue akhirnya pilih fik. Gue pun menjalani segala macem ospek-ospekan ui yang terkenal banyak jenisnya dan ribet. Dan akhirnya resmi jadi mahasiswi fik.

Sudah sampai situ apakah selesai cerita gue? Hahaha, ya pasti belom lah ya.
Nah, jadi entah kenapa di awal semester dua gue kuliah, gue mulai ngerasa gue gak cocok kalo harus jadi perawat. Oh iya, FYI aja, Ilmu keperawatan UI itu s1 ya bukan d3 dan beda sama AKPER. Gue ngasih tau aja gara-gara banyak banget yang belom tau dan sok tau bahkan keras kepala bilang kalo fik ui tuh sama kayak akper. Sekali lagi gue tekankan GAK SAMA yaa. Di fik itu masa kuliahnya totalnya 5 tahun, dari situ aja udah beda sama akper yang cuma 3 tahun, dan pastinya gelarnya juga beda.  Balik lagi ke yang tadi, iya gue ngerasa gak bisa aja kalo jadi perawat (gue aja takut darah). Intinya ada beberapa hal yang cukup bikin gue yakin kalo gue gak bisa dan gak pantes jadi perawat. Trus akhirnya gue mulai tertarik buat ikutan sbmptn lagi tuh, tapi gue agak gak yakin juga karena waktu gue disitu udah cukup mepet dan gue tau banyak banget yang harus gue pelajarin dari awal. Bukan cuma banyak hal yang harus gue pelajarin, tapi gue juga sekarang udah kuliah, dan tugas-tugas di fik itu banyakkk banget, gimana caranya gue bisa belajar buat sbmptn lagi sambil kuliah?

Tapi gue semakin mantep gitu loh pengen ngulang sbmptn lagi, dan akhirnya gue pun nekat mulai belajar buat sbmptn sambil tetep ngejalanin kuliah gue di fik. Oh iya, jujur gue belom dan gak berniat ngasih tau niat gue ini ke orang tua gue loh, karena gue tau mereka pasti gak bakalan ngizinin gue buat pindah jurusan. Akhirnya gue backstreet gitu wkwkw. Oh iya, di fik ada juga tuh temen gue yang pengen ikutan sbmptn lagi sama kayak gue. Kita cukup deket dan semakin deket karena punya visi yang sama hahaa. Pas gue kasih tau ke dia kalo gue pengen banget pindah ke teknik, dia langsung kaget gitu wkwkw. yaiya lah jauh banget weh. Kalo temen gue ini pengen pindah ke FK, pengen jadi dokter cinta katanya, eh salah wkwk.. dokter beneran lah, ya masih wajar lah ya dari fik ke fk.

Akhirnya gue sama dia mulai kongkalikong buat belajar sbmptn sambil kuliah. Bahkan gue sama dia pernah belajar matdas pas lagi kelas wkwkw, pokoknya gue saat itu jauh lebih mentingin belajar buat sbmptn daripada kuliah gue. Capek banget emang karena gue jadi jarang tidur akhirnya gara-gara malemnya harus ngejar materi sbmptn atau ngerjain deadline tugas yang belom gue kerjain gara-gara waktu gue kesita buat belajar sbmptn. Intinya lelah banget deh.
Ohiya banyak juga yang nanya gue belajarnya pake apaan, ikut bimbel gitu apa gimana. Jadi, gue belajar literally sendirian aja sih kwkwkw gue gak ikutan bimbel gitu, karena selain gue gak punya duit gue juga gak punya waktu buat ikut kelas bimbel, jadi gue nekat belajar sendiri. Nah, tapi gak sendiri-sendiri juga sih sebenernya, karena gue pake zenius juga. Akhirnya gue belajar ditemenin sama suaranya tutor-tutor zenius yang keren banget (hopefully someday i can be like them :D). Dan itu ngebantu gue banget buat ngertiin konsep-konsep mata pelajaran sbmptn yang susahnya minta ampun buat orang bego kayak gue. Jadi, ya kayak gitu gue belajarnya.

Akhirnya, tibalah saat pendaftaran sbmptn 2016. DEG-DEGAN BANGET WOY, padahal masih pendaftaran wkwkw. Gue pun bingung banget kan mau milih apa. Iya gue pengen banget woy milih metalurgi, tapi gue gak pengen di UI, pengennya di ITB (masih gak tau diri) tapii... gue masih ngerasa otak gue belom pantes buat bersaing sama calon-calon anak ITB yang lain. Bingung deh gue disitu. Akhirnya gue browsing-browsing cukup lama dan mikir-mikir gue harus gimana. Dan... akhirnya pilihan gue adalah:
1. FITB-ITB (Gue gak pede milih FTTM! Akhirnya gue turun kasta dikit ke FITB dengan harapan gue bisa masuk Teknik Geologinya di tahun kedua)
2. Teknik Metalurgi & Material-UI (Akhirnya gue pilih juga karna seenggaknya kalaupun gak bisa di itb gue bisa dapet jurusan ini)
3. Kedokteran-UNS (Hahaha, gak usah peduliin ini random af sih gue milihnya, gara-gara gue gatau harus pilih jurusan apa lagi, akhirnya gue random aja pilihnya)

Oke... Jadi selesailah pergumulan pilihan gue dan gue tinggal menghadapi ujian. Kesiapan gue ngadepin ujian tahun 2016 ada peningkatan sih emang dibanding tahun 2015, walaupun gue akuin masih belom siap-siap banget juga. Yaudah deh, akhirnya gue ikutin tuh ujian dan tau gak hasil pengumumannya apa?
gue lulus sbmptn 2016 di FITB ITB woy!
Gila senengnya bukan maen sumpah. Nangis bahagia banget gue pas itu. Nggak nyangka juga gue bakalan bisa lulus dipilihan pertama gue. Pokoknya parah lah gue gak bisa ungkapin pake kata-kata senengnya kayak gimana. Nah, tapi setelah euforia kelulusan gue itu, muncul hal lain yang bikin gue bingung. Gue belom ngasih tau orang tua gue wkwkw. Jadi mereka gak tau tuh kalo gue ikutan sbmptn lagi dan bahkan lulus. Gue tau sih mereka pasti kaget dan pastinya gak setuju kalo gue pindah jurusan, tapi mau gak mau gue harus ngasih tau orang tua gue tentang kendala gue selama kuliah di fik dan masalah kelulusan gue ini.

Akhirnya setelah gue cerita ke mereka, mereka bener kaget dan malah marah dan nggak setuju kalo gue pindah jurusan. Disitu gue ngerasa down banget, bahkan gue ngerasa lebih down dari penolakan yang gue alamin pas tahun 2015. Gue bingung harus kayak gimana. Akhirnya gue konsultasi ke semua orang yang gue kenal (gak semuanya juga sih wkwk), ke keluarga, ke temen, pokoknya gue pengen denger saran dari semua orang tentang masalah yang gue hadapin. Dan setelah gue bener-bener bergumul dan mempertimbangkan dari segala sisi gue mutusin buat nolak ITB dan gajadi pindah dari fik ui. Iya, gue jadi orang yang paling idiot sedunia gue tau.

Akhirnya dengan berat hari gue menjalani perkuliahan gue di tahun kedua di fik ui :) Ohiya, temen gue yang gue ceritain di atas tadi juga lulus sbmptn, sama kayak gue, dan yang gilanya lagi dia juga mutusin buat gak jadi pindah, sama persis kayak gue. Gila sih, gue saat itu masih nggak nyangka gue nolak itb dan harus nerusin kuliah gue di fik yang gue gatau nantinya gue mau jadi apa (padahal udah jelas jadi perawat tapi gue masih gatau gue bakal jadi apaan nanti). Sakitttt. Di tahun kedua ini udah mulai banyak lah mata kuliah-mata kuliah fik dan praktikum-praktikum yang bener-bener bikin capek. Praktikum nya itu ada banyak deh pokoknya, ada praktikum nensi darah orang, trus RJP/CPR, trus belajar nyuntik gitu, trus pemeriksaan fisik kayak inspeksi, auskultasi dll, praktikum jiwa yang bikin jadi sakit jiwa beneran, dan masih banyak deh yang lain. Gue terpaksa harus menjalani semua itu disaat gue masih gatau buat apa gue ngejalanin praktikum-praktikum itu :").

Trus masuk ke semester 4, dimana praktikum-praktikum itu mulai berlangsung, gue makin merasa yakin kalo gue emang bukan ditakdirin jadi perawat. Disitu gue bener-bener ngerasa gue gak cocok jadi perawat. Dan disaat yang bersamaan pikiran-pikiran buat ikutan sbmptn lagi mulai terbesit tapi muncul juga bayangan orang tua gue yang pastinya bakal sedih kalo gue ngomongin mau pindah jurusan lagi. Akhirnya 1 bulan sebelum sbmptn mulai dibuka pendaftarannya, gue tiba-tiba berniat buat ikutan lagi, gue gatau kenapa tapi godaan buat ikutan sbmptn itu gede banget buat gue. Gue pengen rasanya nyoba buat yang terakhir kali dan pengen banget rasanya pindah dari jurusan gue yang sekarang. Akhirnya, sebelum gue daftar sbmptn, gue beraniin diri lagi buat cerita sama orang tua gue. Kali ini gue ceritanya dari hati ke hati (anjay) bukan kayak tahun kemaren pake emosi gitu. Gue bener-bener ngomong pelan-pelan ke orang tua gue dan guess what?! mereka bilang terserah gue aja kalo emang itu yang terbaik buat gue. Gila, gue bingung  banget mau berkata apa lagi, gue nangis dan gatau mesti bilang apa. Akhirnya gue dapet restu juga dari orang tua gue dan restu orang tua gue itu yang bikin gue semangat buat ikutan sbmptn lagi walaupun waktu yang tersisa buat gue nyiapin sbmptn cuma sebulan.

Akhirnya sebulan itu gue belajar mati-matian, gue jarang tidur, gue bener-bener ngebut semua pelajaran sbmptn kayak fisika, kimia, matematika. Buat biologi jujur banget gue gak belajar sama sekali karena bener-bener gak sempet. Jadi gue ngandelin apa yang udah gue pelajarin di fik aja buat modal ngisi soal biologi sbmptn. Dan, akhirnya waktu pendaftaran dibuka. Tahun ini tahun terakhir gue dan kesempatan terakhir gue buat bisa pindah jurusan dan kuliah dengan tenang dan gue gamau menyia-nyiakan kesempatan terakhir gue ini. Setelah ngomong sama ortu dan bener-bener nanya ke mereka, akhirnya pilihan gue di kesempatan terakhir gue di SBMPTN 2017 ini tuh:
1. Teknik Metalurgi & Material-UI
2. Teknik Elektro-UI
3. Sistem Informasi-UI
Iya, gue pilih UI semua karena orang tua gue gak ngebolehin gue pilih univ lain selain ui. Yaudahlah gue ngalah aja, yang penting gue bisa pindah jurusan karena gue gak merasa cocok di jurusan gue.
Akhirnya, hari H ujian pun dateng. Gue bener-bener deg-degan dan ngerasa belum siap siap banget ujian karena gue belom ngereview semua materi sbmptn. Tapi gue ikhlas aja dan pasrah nyerahin semuanya ke Tuhan Yesus, karena gue yakin if it's meant to be, it will be.. Dan gue yakin Tuhan bakalan bantuin gue pas ujian. Akhirnya pun gue ujian dan selesainya perjuangan gue di sbmptn selama 3 kali.

Beberapa lama setelahnya, hasilnya pun di umumin. Hari H pengumuman datang! Gue deg-deg bangetttt. Tapi gue lebih ke pasrah sih jadi gue berdoa ke Tuhan kalau gue yakin sama rencanannya Tuhan. Kalau Tuhan gak ngizinin gue jadi anak teknik, ya gapapa gue bakalan nerusin apa yang udah gue dapet kemarin, tapi kalo Tuhan ngizinin ya bersyukur banget dan bakalan serius ngejalanin perkuliahan gue nanti. Dan apa hasil pengumumannya?
Nih...

Gue gatau lagi harus berkata apa. Gue langsung nangis banget dan bener-bener senengggg gak karuan. Gue yakin banget mulai saat itu semua bakalan indah pada waktunya. Dan ketika gue ngasih tau kelulusan gue, orang tua gue ikut seneng dan gue tambah seneng ngeliat mereka seneng juga.


Dramatis banget ya hidup gue? Hahahaa. Iya. Gue baru sadar kalo ternyata sedramatis itu.

Jadi, mungkin tips gue buat lu yang mau ikutan sbmptn lagi regardless kondisi lu sekarang, entah lu sambil kuliah atau emang sengaja nganggur buat ikutan sbmptn ini lagi itu:
1. Pastinya bilang dulu sama ORTU lu. Serius deh backstreet sama ortu tuh nggak enak banget. Bilang ke ortu lu kondisi dan niatan lu secepat mungkin karena makin lu nunda bilang, lu bakalan makin bingung harus mulai dari mana ngomongnya.
2. Belajar yang bener, kalo bisa minimal setengah tahun sebelum hari H sbmptn. Ini tuh supaya lu gak keteteran, apalagi buat lu yang mau ujian sambil kuliah.
3. Buat yang sambil kuliah, usahain kerjain tugas-tugas kuliah yang udah dikasih segercep mungkin ya, jangan ditunda-tunda supaya gak numpuk.
4. Kalo bisa cari temen yang visinya sama kayak lu supaya lu gak stres-stres banget dan bisa ada temen cerita bareng wkwkw
5. Pas ngerjain sbmptn, usahain ngerjain bahasa inggris sama bahasa indonesia semuanya yaa soalnya itu ngebantu banget deh itu.

Udah sih itu aja, gue bingung lagi ngasih tips apaan lagi. Mungkin segitu aja kali ya cerita yang bisa gue share dan good luck buat lu yang mau menghadapi sbmptn. Semoga sukses dan ditunggu cerita bahagianya. Kalo ada yang mau ditanyain lagi boleh ditanya ke ask fm gue ask.fm/romegasianturi atau ke email gue romegasianturi@gmail.com